top of page

Internet dan Sejarahnya



Internet adalah sebuah jaringan dari suatu jaringan komputer. Dalam hal ini, internet adalah sebuah sistem yang menggabungkan beberapa komputer dari seluruh dunia dalam satu server besar yang dapat diakses dari gadget anda. Beberapa dijalankan oleh pemerintah, universitas, perpustakaan, sekolah, perusahaan, dan lainnya. Koneksinya bisa dari koneksi hp biasa, gelombang mikro, kabel fiber optik atau wifi yang dibangun untuk suatu tujuan tertentu.


Sejarah Internet

Pada tahun 1970, saat terjadinya perang dingin, departemen pertahanan Amerika menyoroti kepentingan serangan nuklir dengan jaringan komputer. Pentagon membuat pertahanan pada koneksinya dengan cara membuat desentralisasi jaringan dari seluruh sistem dengan membuat interconected web. Sistem yang dikembangkan pentagon itu disebut ARPANET.

Pada akhir 1980 internet diciptakan. Internet juga melayani komunikasi antarnegara sehingga dokter, pengacara dan lainnya dapat mentransfer data dan informasi. Akhir 1990 terciptalah www (world wide web).


Pengembangan kedua pada tahun 1993, yaitu saat pembuatan user friendly navigation yang membantu pengembangan navigasi data. Browser pertama disebut mosaik, browser ini mampu mengambil data dan menentukan “apakah mereka itu” serta menyusun data untuk di-displaykan. Pada tahun 1994, salah satu developer mosaik membuat perusahaan komersial yang diberi nama Netscape.


Pada pengembangan ketiga, mesin pencari memiliki banyak fungsi yang salah satunya dapat men-scan data internet dari pencarian yang dinginkan untuk dilihat dari relevansi. Pada pertengahan 2000an, program yang mempermudah penggunaaan internet ditemukan sehingga mempermudah meng-upload konten ke internet. Program itu disebut Blog.

Pada tahun 2005, internet memiliki lebih dari 17 juta situs yang baru dibentuk dan 400 juta host computer terhubung dan membuat internet menjadi sebuah alat komunikasi massa yang kuat.



Sumber: Dominick, J. R. (2013). The dynamics of mass communication. New York, NY: McGraw Hill.

Sumber: https://youtu.be/itNpf2KKoC8

Recent Posts
bottom of page